Rabu, 28 Agustus 2013

KAWISTA

HATI HATI DENGAN AKAR KAWISTA





Ketika membongkar pot bonsai yang berpohon Kawista, dengan santai dicabut dari pot. Kemudian tanah dibersihkan dan ada sebagian akar dipotong ?

Beberapa hari kemudian pohon yang indah menjadi mati cabang satu demi satu. Kenapa ya ?

Peristiwa ini sering dialami. Setiap membongkar tanaman Kawista mesti ada cabang yang mati, bahkan cabang yang menjadi mahkota mati. Alamak...... bonsaiku malang bonsaiku sayang.

Jika akan membongkar tanaman kawista maka hati-hati betul dengan akar tanaman tersebut. Karena kawista mempunyai susunan transfer makanan pada satu saraf saja, sehingga akar yang dipotong akan membunuh batang yang berhubungan dengan akar tersebut. 

Tanaman Bonsai Kawista dapat saja diganti pot atau penggantian media tapi jangan sekali-kali memotong akar yang ada. Hal ini menyebabkan tanaman tersebut mati batang.

Ada bakalan kawista yang masih bisa hidup setelah diambil dari tanah. Jika masih bakal bonsai memang beda. Karena anak cabang belum terbentuk sehingga cabang utama masih bisa mempertahankan hidup. Kalau pohon sudah setengah jadi, hati-hatilah.

Seandainya akar sudah banyak dan harus dipotong, yang harus dilakukan, pertama, jangan memotong banyak-banyak akar yang ada, atau kata lain jangan lebih dari 15% dari akar yang ada, kedua potong juga semua daun yang ada, tapi jangan dikawat atau dibelok-belokkan tunggu semua semi dulu baru kita bisa melakukan pengkawatan.

Intinya harus sabar dan melalui tahapan yang membutuhkan waktu lama. Lebih baik menunggu daripada bonsai kita mati.


Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat