Selasa, 03 September 2013

PAMERAN BONSAI DI BOGOR 2013

HARMONI BONSAI BOGOR

1_harmoni front
Pemenang The Best in Show jenis Tanaman Bonsai Anting Putri (Wrightia religiosa) 

Pameran Bonsai yang bertema “Harmoni Bonsai Bogor”  telah dibuka resmi hari Minggu tanggal 1 September 2013 dibuka oleh Ketua Umum PPBI Pusat, Bapak Saptodarsono. Pameran ini diadakan di halaman Bogor Trade World, Jalan Veteran, Bogor. Diselenggarakan oleh PPBI Cabang Bogor.
Suasana Kota Bogor yang indah akan bertambah indah dengan tampilnya pameran bonsai. Pameran diikuti oleh sekitar 200 tanaman bonsai dengan berbagai kelas. Peserta yang terbagi pada kelas Utama sebanyak 24 pohon, Madya sebanyak 41 pohon, Regional sebanyak 115 pohon  dan kelas Prospek diikuti sebanyak 21 pohon.. Disamping itu, pameran ini juga dilengkapi dengan 17 stand bursa yang menyediakan bakalan bonsai dan berbagai komoditas lainnya. 



Sepuluh besar bonsai kelas utama kebanyakan dikuasai oleh tanaman jenis Anting Putri. Pameran ini diadakan mulai tanggal sejak dibuka dan ditutup sampai tanggal 7 September 2013.
10 BONSAI TERBAIK (UTAMA)
  1. Anting Putri milik M. Farid  dari Jakarta Kategori  Best in Show & Best in Size Regional
  2. Cemara Udang milik  Anton dari Jakarta Kategori Best in Size Madya
  3. Santigi milik  Adi Bima dari Cirebon
  4. Hokiantea milik Darmawan dari Jakarta
  5. Jeruk Kingkit milik Era Bonsai dari Depok
  6. Santigi milik Frans dari Jakarta
  7. Santigi milik Adi Bima dari Cirebon
  8. Anting Puteri milik  M Farid dari Jakarta
  9. Gulo Gumantung milik Imam dari Wonosobo
10. Anting Puteri milik Soeroso dari Jakarta
Sayang sekali tuan rumah belum muncul. Semoga tahun-tahun yang akan datang bisa tampil sebagai the best ten. Pemenang kayaknya masih didominasi jago-jago yang lama. Melihat yang ada memang masing-masing peserta mempunyai nilai yang tipis. Ini menunjukkan kwalitas bonsai di Indonesia mulai diperhitungkan.
Pameran ini terselenggarakan atas kerjasama yang baik para anggota PPBI Cabang Bogor.  Ketua Panitia adalah Bagus Antasena atau yang dipanggila akrab dengan Sony menerangkan bahwa peserta . Semarang, Cirebon, Subang, Kuningan, Bandung, Cianjur, Jakarta, Depok, Serang, Cikarang, Bekasi, serta Bogor sendiri

Agenda pameran dimulai tanggal 28  Agustus 2013  yaitu pendaftaran dan penerimaan bonsai peserta, disusul penjurian dan tancap bendera tanggal 30 Agustus 2013 dan peresmian atau pembukaan pameran dilakukan hari Minggu, 1 September 2013 pukul 13.00. Sedangkan pada tanggal 7 September 2013 dilakukan penutupan dan pengambilan bonsai peserta. Selama pameran berlangsung dilakukan workshop bonsai dengan peserta anak-anak sekolah dan pengunjung. Sarasehan dengan juri direncanakan berlangsung hari Minggu pagi, tergantung kebutuhan peserta.

Penilaian bonsai peserta dilakukan oleh Tim Juri yang terdiri dari Maya Kusmayadi  dari Bandung, sekaligus merangkap sebagai Ketua Juri,  dengan anggota Tatang dari Malang, Gunaryanto dari Bekasi, Mursiyo Winarno alias Nano dari Jogjakarta, dan Tonny dari Jakarta. Sebagaimana biasa, Tim Juri ini berada dibawah supervisi Dewan Juri yang kali ini dijabat oleh Kimto dari PPBI Pusat

Selamat PPBI Cabang Bogor



Dibawah contoh-contoh bonsai yang ditampilkan.

Third Place BEST TEN Santigi [Adi Bima /Cirebon]
Santigi milik Adi Bima dari Cirebon

Fouth Place BEST TEN UTAMA Hokiantea [Darmawan /Jakarta]
Hokiantea milik Darmawan dari Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat