Kamis, 10 April 2014

SEBUAH KONTES BONSAI

Beberapa tahun ini, telah mengikuti pameran atau kontes bonsai. Baik dari lembaga atau setingkat RT. Semua saya ikuti. Dari hasil pameran, ada isu yang baik dan tidak baik. Ada yang kurang berminat dan  adsa yang antusias sekali.



Mencoba untuk memasukkan sebuah pameran yang bagus.

1. Pemenuhan Peserta
Peserta harus bisa sesuai target atau rencana yang akan digelar. Pemenuhan ini dalam hal jumlah. Jika mengadakan pameran bonsai setingkat nasional biasanya rata-rata peserta harus lebih dari 200 pohon. Ini tentang pemenuhan secara kwantitas. Sedangkan pemenuhan untuk kwalitas bisa diukur jika menurut PPBI yaitu kelas yang diselenggarakan yaitu minimal kelas Madya. Seperti apa kelas Madya bisa banyak tafsir. Yang jelas para penikmat bonsai bisa berkomentar tentang pameran tersebut.

2. Tempat Penyelenggaraan.
Tempat ini sangat berpengaruh terhadap kwalitas pameran itu sendiri. Tempat yang memungkinkan dimana banyak orang biasa kumpul, atau biasa untuk tempat kongkong-kongkong.

3. Pelayanan Panitia
Pelayanan ini panitia ini ada tiga hal yang dilayani, yaitu peserta kontes dan para pengunjung pameran tersebut serta para penyandang dana jika ada. Bagaimana ketiganya layanan tersebut bisa terpuaskan yang mungkin ketiganya mempunyai tujuan yang berbeda-beda..

4. Intern Panitia
Dalam penyelenggaran tersebut dalam tubuh kepanitiaan bisa kompak, dan saling keterbukaan.

5. Keuangan
Jalan keuangan tentang penyelenggaraan tersebut harus transparan sehingga biaya yang digunakan sesuai dengan pengeluaran secara wajar. Sehingga dana tersebut bisa untuk digunakan pameran yang akan datang.

6. Penyandang Dana
 Penyandang dana harus mengetahui secara jelas, kemana uang dibelanjakan, sehingga panyandang dana tersebut tidak ragu terhadap pameran bonsai yang akan datang.

Ini yang bisa saya sajikan selama menjadi peserta, penyandang dana dan pantia serta sebagai pengunjung saja. Semoga bermanfaat untuk pengelolaan kepanitiaan pameran bonsai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat