Sabtu, 01 Desember 2012

Pelantikan Pengurus PPBI Cabang Wonosobo
 
Pengurus Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Wonosobo periode 2012-2015 dilantik oleh Ketua Umum PPBI Pusat, Letjen (purn) Sapto Darsono, dengan ketua cabang wonosobo terpilih Ribut Susanto. Pelantikan dilakukan pada acara pembukaan pameran dan bursa serta kontes bonsai tingkat regional yang bertajuk ‘Pesona Asri Bonsai 2012’, yang diselenggarakan dalam rangka HUT KORPRI ke-41, mulai 25 November sampai 2 Desember 2012, bertempat di Halaman Gedung Sasana Adipura Kencana, Kamis, 29 November 2012.
 
Pameran dan bursa serta kontes bonsai tingkat regional ‘Pesona Asri Bonsai 2012’, dibuka oleh Bupati Wonosobo, H.A. Kholiq Arif. Pada kesempatan tersebut Kholiq Arif menyampaikan bahwa Pemerintah sangat mendukung adanya kegiatan ini, dan siap bekerjasama dan memfasilitasi PPBI Cabang Wonosobo, agar dapat menambah keindahan serta kelestarian lingkungan di Kabupaten Wonosobo.
 
Pada kesempatan itu Ketua Penyelenggara, Imam Sumantri Widyantoro, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini, antara lain sebagai dukungan pada program Pemerintah Kabupaten Wonosobo, untuk mewujudkan Wonosobo sebagai kota bunga, selain sebagai upaya mengembangkan dan memasyarakatkan tanaman hias khususnya bonsai sebagai salah satu karya seni dan aset budaya wisata, serta merupakan ajang silaturahmi para penggemar bonsai dalam wadah PPBI di Wonosobo dan sekitarnya.
 
Imam Sumantri menambahkan bahwa pameran dan bursa serta kontes bonsai tingkat regional ‘Pesona Asri Bonsai 2012’, merupakan kontes bonsai tingkat regional yang pertama di Wonosobo, dengan didukung pameran dan bursa aneka produk UMKM, stand kuliner serta rangkaian kegiatan festival dan lomba seni budaya.
 
Kali ini kontes diikuti oleh 122 bonsai tingkat regional dan 23 bonsai kelas prospek, dengan peserta berasal dari Wonosobo dan kota-kota lain seperti Semarang, Pati, Kudus, Yogyakarta, Kendal, Magelang, Temanggung, Kebumen dan Banyumas. Adapun tingkatan dalam bonsai yang dilombakan atau difestivalkan, tingkat terbawah yakni kelas prospek, regional, madya, utama dan bintang.
 
Sementara itu Ketua Umum PPBI Pusat, Letjen (Purn) Sapto Darsono menyampaikan bahwa dengan dilantiknya pengurus PPBI Cabang Wonosobo, akan menambah kemajuan dan kegairahan bonsai di Wonosobo, karena dengan memelihara bonsai merupakan wujud cinta lingkungan dan keasrian, bonsai juga merupakan ekonomi kreatif bagi masyarakat serta merupakan agrobisnis dan agrowisata, sementara di Indonesia sudah ada 150 cabang PPBI. Sapto Darsono juga merasa tersanjung dengan suguhan tari bonsai dari anak-anak SDN 1 Wonosobo, karena dari kunjungannya ke seluruh cabang PPBI di Indonesia, baru kali ini ada tari bonsai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat