Selasa, 20 November 2012

Bonsai Rp 850 juta Dipamerkan 
 
Monday, 05 November 2012 17:29
R Sukamto, Palembang Pos.-
Ratusan tanaman hias jenis bonsai terpajang pada acara Kontes Dan Pameran Bonsai Nasional di Pelataran Mall PTC yang berada di Jalan R Sukamto, Palembang. Dari 200 tanaman bonsai yang dipamerkan, satu tanaman bonsai senilai Rp 850 juta juga dapat dijumpai di pameran yang digelar ESP Cup sejak 2-11 November mendatang.
Berbagai jenis tanaman bonsai dapat dijumpai, mulai dari bonsai lokal hingga bonsai import. Bonsai lokal yang dipamerkan misalnya jenis satinggi, beringin, mustam,jeruk kinkit dan anting putri. Sementara bonsai import yang dijumpai di pameran ini, diantaranya bonsai jenis kusu, cemara cinesis, boksu, dan lohansu yang rata-rata di import negeri Cina dan Taiwan.
Ketua Panitia Pameran Nasional Bonsai Indonesia Palembang Go Green ESP Cup, Ashari Aliagus, mengatakan, peserta yang ikut dalam pameran bonsai nasional berasal dari sejumlah provinsi yang ada di Indonesia.
“Peserta yang ikut pada kontes ini berasal dari Medan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Tanggerang bahkan peserta terjauh berasal dari Sulawesi Selatan,”ujar Ashari, kemarin (5/11).
Dikatakan Ashari, dari sekian banyak jumlah bonsai yang dipamerkan, satu diantaranya bonsai dengan harga tertinggi hingga Rp 850 juta yakni bonsai milik peserta asal Medan, atas nama Tongariojo Angkasa.
“Bonsai Lohansu milik peserta asal medan ini ditawar Rp 850 juta, umurnya sekitar 50 tahunan,” kata Ashari.
Sesuai dengan harganya, Bonsai Lohansu ini menampilkan kesan keindahan serta kematangan yang berbeda dari bonsai lainnya. Dengan tinggi batang sekitar 1 meter serta tekstur pohon yang sempurna, bonsai ini menarik perhatian bagi setiap pengunjung yang datang.
Kata Ashari, penilaian pada kontes bonsai ini meliputi, keindahan dan kematangan bonsai. “Kematangan yakni kesempurnaan pohon, seperti akar, dahan, ranting, bunga dan buah, sementara pada keindahan, dilihat dari segi gerak pohon sesuai komposisi tanaman dan letaknya,”jelasnya.
Asharsi mengatakan, tujuan digelarnya kontes dan pameran bonsai ini, untuk memotivasi pecinta bonsai yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kreatifitas mutu bonsai di Indonesia.
Indonesia, lanjutnya merupakan 4 negara dengan bonsai terbaik didunia, yakni Cina, Taiwan, Jepang dan Indonesia. “Kelebihan bonsai di Indonesia ini, tekstur batangnya dan lantaran ini daerah tropis,”imbuhnya.
Sementara itu, Sekretaris Kontes Bonsai, Chandra mengatakan, digelarnya kontes bonsai bertajuk ESP Cup palembang go green ini untuk mewujudkan palembang hijau. “Ini kontes yang digelar ESP cup, dengan tema bonsai nasional go green,”singkatnya.(cr03)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat