Senin, 12 November 2012

Pameran Bonsai Akan Jadi Agenda Rutin



Pemerintah Kota Palembang mendukung penuh penyelenggaraan pameran dan kontes bonsai.
“Ini bagian dari mencintai lingkungan, menghijaukan lingkungan. Jadi harus didukung,” ujar Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra, Kamis (8/11) di Palembang Trade Center, usai membuka pameran bonsai.
Eddy mengatakan pemerintah akan menjadikan pameran bonsai ini sebagai agenda rutin tiap tahun.
“Tahun depan pemerintah kota akan bantu anggaran Rp 50-100 juta, agar penggemar bonsai meningkat dan bisa jadi salah satu kegiatan wisata.”
Pameran dan kontes bonsai dimulai sejak 2 November hingga 11 November. Pameran dan lomba tingkat regional, madya dan utama, serta memperebutkan Eddy Santana Putra Cup, ini diikuti pecinta bonsai di Tanah Air. Antara lain dari Jabodetabek, Medan, Bandung, Madura, Lampung dan Sumbagsel.
Sebelumnya pameran bonsai ini tertutup untuk umum. “Mulai hari ini, setelah dibuka wali kota, masyarakat bisa melihat dari dekat 200 batang bonsai yang dipajang,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia Pusat Sapto Darsono.
Kriteria penilaian antara lain daya tarik, gerak dasar (lenggokan bongsai), kematangan bongsai, dan keserasian antara pot dengan ukuran bongsai.
“Memang sangat sulit menentukan pemenangnya. karena bonsainya bagus-bagus,” ujar Darsono.
Tongariojo Angkasa, peserta pameran dari Medan, jadi pemenang di semua kriteria regional, madya dan utama ini. (wahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat