Jumat, 28 Juni 2013

ISMAIL SALEH TROPY 2013



DALAM rangka memperingati 5 (lima) tahun wafatnya tokoh Penggerak Bonsai Indonesia dan Founder ASPAC, almarhum H Ismail Saleh, SH, Forum Hobi Indonesia (FHI) didukung oleh AKSISAIN menyelenggarakan Kontes Desain Bonsai Progresif “Ismail Saleh Trophy 2013”.
Menurut Robert Steven, inisiator event ini, “Ismail Saleh Trophy” yang berbentuk patung setengah badan Almarhum H Ismail Saleh SH dibuat oleh seorang pematung terkenal dari Mexico –juga seorang seniman bonsai senior– Guillermo Castano. Dia juga yang membuat patung “Saburo Kato Trophy” dan patung John Y. Naka untuk museum John Y. Naka di Washington DC, Amerika Serikat.
Kontes yang disponsori RYUGA Bonsai Tools ini adalah kontes foto yang memperlihatkan proses desain bonsai secara progresif selama satu tahun, mulai dari bahan, baik yang dari alam maupun hasil budi-daya, khususnya bahan yang belum pernah dibentuk, sampai tahap terakhir periode kontes yang ditentukan.
KRITERIA PENILAIAN
Tidak ada kriteria atau batasan khusus untuk bahan yang diikut-sertakan, baik kondisi fisik, species, ukuran dan lain-lain, yang dinilai adalah :
1. Kreativitas dalam proses desain yang berdasarkan bentuk dan keadaan bahan awal, yaitu sejauh mana peserta dapat berimaginasi secara kreatif untuk menemukan desain yang indah dari bahan tersebut.
2. Tehnik yang dipergunakan selama proses desain tersebut.
3. Originalitas bahan versus desain terakhir. Tidak ada kriteria atau batasan khusus mengenai bahan bonsai yang diikut-sertakan dalam kontes ini; karena bila bahan yang disertakan adalah bahan setengah jadi, maka hal ini juga akan menjadi pertimbangan juri. Jadi walau desain akhirnya sangat indah, tetapi karena bahan yang dipakai adalah bahan yang sudah pernah dibentuk awal, maka hasil desain tersebut belum tentu akan mendapat nilai tinggi.
Sang Inisiator Robert Steven

PERSYARATAN UMUMTEAM JURI : Pedro J Morales (Puerto Rico), Rob Kempinski(Amerika Serikat), Walter Pall (Jerman), Prof. Amy Liang (Taiwan), Huang Jiu Wei (Cina)
1. Peserta harus anggota FHI dari Indonesia atau Malaysia yang sudah terdaftar dengan nomor anggota. Nomor anggota FHI dapat dilihat di halaman “Members” yaitu nomor urut nama anggota tersebut.
2. Foto bahan yang diikut-sertakan harus foto terbaru yang diambil tidak lebih dari 1 (satu) bulan dari tanggal pendaftaran.
3. Setiap peserta hanya dapat mengirim 1 (satu) bahan.
4. Foto yang dikirim harus jelas, asli tanpa diedit, berlatar-belakang polos, dari ketinggian level mata, format JPEG, Minimal 72 dpi dengan ukuran lebar minimal 20 inch (atau 50 cm).
5. Foto dikirim via email ke : robertbonsai@hotmail.com
6. Kontes ini akan dinyatakan berlaku bila mencapai minimal 20 (dua puluh) peserta yang memasukkan foto pada tahap terakhir.
7. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan akan dikenakan diskwalifikasi dan dinyatakan batal.
8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
CARA IKUT SERTA
Pengiriman foto peserta terbagi dalam 3 (tiga) tahap dengan ketentuan sebagai berikut :
• Tahap Pertama
- Pendaftaran awal dengan 4 (empat) foto bahan yang diambil dari sudut pandang yang berbeda.
- Foto harus jelas, asli tanpa diedit, berlatar-belakang polos, format JPEG, Minimal 72 dpi dengan ukuran lebar minimal 20 inch (atau 50 cm).
- Salah satu dari foto awal tersebut harus diambil dengan koran lokal yang terbit pada hari tersebut yang diletakkan di sampingnya.
- Foto bahan tersebut harus foto terbaru yang diambil tidak lebih dari 1 (satu) bulan dari tanggal pendaftaran.
- Pendaftaran harus disertai dengan data peserta yaitu : Nama lengkap, Nomor anggota FHI, Alamat, Nomor telepon, Nama species (Latin), Ukuran serta Penjelasan singkat tentang bahan tersebut.
- Foto Tahap Pertama sudah harus diterima paling lambat tanggal 21 Oktober 2013.
• Tahap Kedua
- Peserta harus mengirim foto tahap kedua sebanyak 4 (empat) lembar (dari sisi depan, belakang, samping kiri dan samping kanan) yang menunjukkan tahap proses yang telah dilakukan pada bahan tersebut.
- Foto yang dikirim harus jelas, asli tanpa diedit, berlatar-belakang polos, dari ketinggian level mata, format JPEG, Minimal 72 dpi dengan ukuran lebar minimal 20 inch (atau 50 cm).
- Pengiriman foto tersebut harus disertai nama peserta serta penjelasan singkat mengenai ide desain yang sedang dilakukan.
- Foto Tahap Kedua sudah harus diterima paling lambat tanggal 28 Februari 2014.
• Tahap Ketiga
- Peserta harus mengirim foto tahap ketiga atau terakhir sebanyak 4 (empat) lembar (dari sisi depan, belakang, samping kiri dan samping kanan) yang menunjukkan tahap proses yang telah dilakukan pada bahan tersebut.
- Foto yang dikirim harus jelas, asli tanpa diedit, berlatar-belakang polos, dari ketinggian level mata, format JPEG, Minimal 72 dpi dengan ukuran lebar minimal 20 inch (atau 50 cm).
- Pengiriman foto tersebut harus disertai nama peserta serta penjelasan singkat mengenai kesimpulan desain yang telah dilakukan.
- Wadah tanam tidak dinilai karena dianggap masih dalam proses desain yang belum selesai.
- Foto Tahap Ketiga atau Terakhir sudah harus diterima paling lambat tanggal 30 Agustus 2014.
Semua foto dikirim via email ke : robertbonsai@hotmail.com
Karya Robert Steven

PEMENANG DAN HADIAH
• Pemenang Pertama, akan memperoleh hadiah :
  - Piala “Ismail Saleh Trophy”.
  - Sertifikat “FHI Award”.
  - 1 (satu) Box Gift-Set alat bonsai RYUGA Bonsai Tools.
  - 1 (satu) Pot Repro Antik Robert Steven.
• Pemenang Kedua, akan memperoleh hadiah :
- Sertifikat “FHI Award”.
- 1 (satu) Bag Gift-Set alat bonsai RYUGA Bonsai Tools.
- 1 (satu) Pot Repro Antik Robert Steven.
• Pemenang Ketiga, akan memperoleh hadiah :
- Sertifikat “FHI Award”.
- 1 (satu) Alat bonsai RYUGA Bonsai Tools.
- 1 (satu) Pot Repro Antik Robert Steven.
Penyerahan penghargaan kepada pemenang akan dilakukan di “International Culture Night” pada acara pameran “International Bonsai Art & Culture Biennale” pada bulan Oktober 2014 di Yogyakarta; dan foto semua pemenang akan dipamerkan selama acara pameran tersebut. Ketiga pemenang tersebut akan ikut dalam team demo yang mewakili Indonesia dalam acara demo pembuatan bonsai di event tersebut. (Bila pemenangnya dari Malaysia, maka yang bersangkutan akan ikut dalam team demo Malaysia).


Sumber : Bursabonsai

Saran dan Pendapat Anda akan mendewasakan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat