Minggu, 14 Juli 2013

MASTER BONSAI MALANG

Pak Syamsul

Pagi yang indah di bulan puasa Romadhon 2013 telah melewati rumah Master Bonsai dari Malang, beliau telah membersihkan kebun bonsai, dan langsung pingin mampir. Mobil diputar untuk menuju rumah beliau. Rumah di jalan Raya Batu Malang dan punya usaha Cwi Mie Malang. Beliau adalah Bapak Syamsul, yang sudah lama bergelut di bidang perbonsaian. Para penggemar bonsai Indonesia pasti akan kenal sosok beliau. 
Waktu berkunjung ke Pak Syamsul Malang
Pak Syamsul mulai menekuni bonsai sekitar tahun 1980-an. Pertama terinspirasi oleh Pak Frans seorang notaris dari Malang yang menjadi sahabatnya dan banyak tanaman kerdil ini di rumah. Dengan memperhatikan tanaman kerdil itu maka Pak Syamsul tertarik dan pingin sekali menekuni Seni Tanaman Bonsai. Awal keinginan terhadap tanaman bonsai hanya sekedar untuk bisnis saja. Tapi telah lama menekuni tanaman bonsai, beralih menjadi sebuah hobi. Beliau juga mengagumi dr Willy dari Bandung. Karyanya cukup bagus, dan dr Willy ini merupakan seniman bonsai.

Salah satu karya Pak Syamsul

"Bonsai itu berasal dari Jepang, mau tidak mau bonsai harus ada pakemnya" ungkap Pak Syamsul yang sudah berusia 62 tahun mengenai tanaman bonsai. 


Nampang di Joglo Pak Syamsul

Rumah yang cukup sederhana dan asring sekali. Didepan rumah ada joglo yang lengkap dengan perabotnya yang memiliki fungsi ganda. Fungsi pertama perabot meja kursi bisa digunakan sebagai tempat makan bagi para tamu yang akan berminat merasakan usaha cwi mie dan jika ada yang berminat terhadap perabot itu  bisa dibeli..

Mutiara yang tenggelam ini seneng sekali jika diajak ngobrol apa saja. Beliau sungguh luar biasa. Penampilan yang harus selalu  menghormati tamu cukup baik sekali. Sudah 10 tahun ini beliau meninggalkan kebiasaan yang kurang baik yaitu merokok. Memang kondisi beliau sudah agak gemukan dan badannya cukup seger serta sehat.

Karya gaya Cokan

"Bonsai itu seperti beladiri maka dasar ilmu bonsai harus dikuasai terutama ilmu bagaimana bonsai itu bisa hidup waktu yang lama" ungkap beliau dengan semangat dan nada tekanan yang kuat, "Saya pingin semangat para penggemar bonsai di Indonesia seperti pada zaman PPBI dipimpin oleh Pak Ismail Shaleh".

Suasana Tanaman Bonsai
Pak Syamsul juga pernah menjadi salah satu 7 orang juri bonsai di Indonesia yang cukup disegani. Karena ada suatu hal maka beliau keluar dan pingin mengekpresikan tentang tanaman bonsai. Jika membuat karya bonsai harus dimulai sejak awal atau kata lain harus dibudidayakan.

Waktu begitu cepat, ngobrol dengan Pak Syamsul masih kurang banyak waktu. Kami harus pamit.

Kami sebagai penggemar bonsai yang baru pingin menanti hasil karyanya.





Saran dan Pendapat Anda akan mendewasakan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat