Sabtu, 27 Juli 2013

PERUBAHAN SEBAGAI DINAMIKA DAN PELUANG BARU

PENDAPAT PEBONSAI HARMANTO ( LAWU BONSAI CLUB MAGETAN )



Semua bidang seni, pada kenyataannya mengalami dinamika dan berkembang menurut jamannya. Dinamika dan perkembangan itu kemudian menghasilkan berbagai genre yang dari jaman ke jaman tetap memiliki penggemarnya masing-masing yang fanatik dan setia. Di bidang seni lukis, sebagai contoh, realisme telah berkembang sedemikian rupa menghadirkan isme-isme baru seperti realis romantis, realis fotografis, hyper realis, surealis , realis dekoratif, realis minimalis, dsb. Nilai (jual) karya seni, ternyata tidak sertamerta turun, apalagi hancur, seiring dengan terjadinya perubahan (selera dan trend). Sejumlah karya master piece, justru menjadi rebutan dan nilainya semakin tinggi dari waktu ke waktu. Bisa kita ambil contoh karya Raden Saleh, Afandi, Basuki Abdullah, dll. Sementara itu, munculnya trend baru justru memperluas dan membuka peluang baru pula.

Perubahan selera dan trend dalam dunia bonsai, mungkin tidak akan terlepas dari gejala-gejala seperti itu. Bonsai-bonsai lama, dengan berbagai latar belakang sejarah dan reputasinya, adalah karya seni yang sangat berharga dan mewakili genrenya, harus dipertahankan keberadaannya. Bila dipaksakan untuk melakukan perubahan bentuk demi mengikuti perubahan selera dan trend yang ada, secara otomatis sejarah dan reputasi yang melekat pada 'bentuk' itu akan sirna seiring dengan penampilan barunya. Dan performa baru itu, boleh jadi, justru akan menghancurkan nilai (jual) nya.

Kolektor (baik yang berorientasi profit maupun tidak) bersama dengan kurator dan seniman bonsai, memiliki peran sangat dominan dalam mengangkat nilai (jual) bonsai. Oleh karena itu, sepantasnya, mereka terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pembinaan dan berbagai event pameran , demi terciptanya gairah , aktifitas dan kreatifitas dalam perkembangan dunia bonsai, menghadirkan peluang-peluang baru dan bukannya gentar menghadapi perubahan selera dan trend yang berkembang. Melakukan perubahan pada beberapa karya yang belum memiliki latar belakang sejarah demi mengikuti perubahan selera dan trend yang ada, bagaimanapun, masih sangat mungkin untuk dilakukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat