Jumat, 26 Juli 2013

AKSESORIS BONSAI

BONSAI YANG BAIK TAK PERLU AKSESORIS


Bonsai dan pot ibarat suami istri yang bisa menyatukan justru karena perbedaannya yang saling mendukung. Harus serasi. Penampilan pot tidak boleh lebih kuat dibanding bonsai itu sendiri. Kalau karakter bonsai kasar, maka mesti tampil halus. Bonsai dan pot sebaiknya berbeda karakter. Dengan demikian bonsai menjadi lebih berbicara.



"Dalam kaitan itulah, maka bonsai yang bagus tidak perlu aksesoris untuk menceritakan bonsai itu sendiri. Hiasan orang-orangan, kuda atau rusa, malah mengganggu" tutur Yayat Hidayat atau lebih dikenal dengan nama panggilan Ujang.



Penjelasan Ujang ini semakin memperkuat pengertian istilah bonsai itu sendiri. Dalam bahasa Jepang, Bon artinya wadah atau pot, sedangkan Sai berarti tanaman. Jadi makna harafiah bonsai adalah tanaman yang ditanaman dalam wadah atau pot. Kata Bonsai itu sendiri berasal dari bahasa China yaitu Penjing, yang berarti "tanaman nampan" atau tanaman yang ditanam dalam wadah atau nampan.



Menurut memperkuat penampilan bonsai seringkali disertakan bebatuan sebagai tempat menamcapkan akar. Namun banyak juga yang menghadirkan bebatuan sebagai elemen tambahan agar menghasilkan keindahan. Secara penampilan keseluruhan memang bisa jadi keinginan untuk tampil indah itu bisa tercapai. Tetapi penilaian bonsai itu sendiri harus dilepaskan dari keberadaan batunya. Mulai dari gerak dasar, kematangan dan keserasian, tiga unsur ini hanya dinilai berdasarkan bonsainya saja.

Perkara batu itu asli apa dari semen, menurut Ujang tidak menjadi persoalan. Bahkan pakai fiber pun tidak masalah, asal sentuhan rekayasanya hilang dan sudah terlihat menyatu dengan bonsainya. Keberadaan batu itu untuk memberikan nilai tambah pada bonsai. Batu memberikan pesan atau gaya. Boleh saja batu lebih besar ketimbang bonsainya, tergantung pesan apa yang hendak disampaikan. Hanya saja, kalau besar bonsai sedemikian kecil dibanding batunya, maka akan kesulitan untuk menilai.




Sumber : Agrobis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat