Sabtu, 06 Juli 2013

WISATA KULINER KOTA KEDIRI

Lesehan Jalan Dhoho


Stand Pak Agus
Ketika lapar pada jam seiktar 22.00, mencoba untuk keluar. Di tengah kota Kediri tepatnya di Jalan Dhoho yang merupakan jalan pusat perbelanjaan Kota Kediri tampak banyak sekali orang sedang berjualan. Mereka berjualan yang paling dominan adalah nasi pecel dan nasi goreng yang api untuk memasak memakai arang.  Kota ini tidak tampak mati. Kehidupan berjalan terus. Orang pembelipun juga banyak, jika malam minggu didominasi oleh anak muda yang sedang begadang.


Suasana Lesehan Jl Dhoho

Makanan nasi goreng dan nasil pecel sangat favorit. Pembaca bisa memilih yang ada disana. Rata-rata rasanya khas dan enak. Sepanjang jalan ada orang berjualan. Sekitar 5 meter sekali. Bila berkunjung kota Kediri bisa mampir kesana. Lokasi tidak sulit untuk dicari. Semua penduduk Kediri tahu semua. Mereka rata-rata buka jam 21.00 setelah pertokoan tutup.







Salah satu penjual nasi goreng yang bernama Agus mengatakan bahwa dia sudah berjualan disitu kurang lebih sekitar 2 tahun. Dia berasal dari Kota Nganjuk. Semula dia tukang bangunan. Pengalaman memasak dimulai ketika dia tukang bangunan dirasakan tidak cukup untuk membiayai kehidupan. Akhirnya ikut menjadi pembantu tukang masak yang juga jualan nasi goreng. Pertama menjadi tukang tipas  atau orang yang mengipasi api pada arang pembakaran untuk masak. Akhirnya keahlihan dirasakan bisa sehingga mencoba untuk berdiri sendiri sampai sekarang. Mulai dirasakan kehidupannya membaik.

Dalam satu malam biasa menghabiskan beras 5  kg, mie sekitar 5 kg juga. Ayam sebagai pelengkap habis sekitar 2 potong. Dia dibantu juga oleh seorang anak yang mungkin jika sudah bisa akan berkarya juga. Ini menunjukkan rantai ekonomi akan berjalan.

Yang bikin heran yaitu dengan bertambah banyak penjual juga bertambah juga banyak pembelinya. Dengan kondisi diatas menjadikan Kediri sebagai kota yang tidak pernah tidur di malam hari.



Selamat menikmati wisata kuliner di kota tahu Kediri



Saran dan Pendapat Anda akan mendewasakan kami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat