Kamis, 20 Juni 2013

PENGHOBI BONSAI TUBAN ( 4 )

MAS ARIF

Dengan cukup sederhana seorang menyaut salam yang terlontar. Dia menyambut dengan baik. Dia masih mengutak-atik tanaman ulmus yang berada diatas batu. Baju yang sekedar menempel, kelihatan seorang seniman. Badan cukup kurus. Dia adalah Mas Arif biasa dipanggil begitu. Sekarang tinggal dengan seorang pembonsai juga yang lain kali bisa penulis tampilkan. Rumah cukup sederhana. Hanya bisa untuk tidur. Orang Tuban akan mengenal daerah itu. Daerah itu biasa disebut "nDasin". Tempatnya deket sekali dengan SPBU Bensin. Jurusan Tuban - Semarang. 

Mas Arif sedang merawat Ulmus

Tinggal di Tuban mulai tahun 2005, sejak adanya pameran pertama di kota Tuban. Kehidupannya sudah menyatu sekali dengan tanaman bonsai. Kadang tanaman bonsai dimandikan dulu sebelum dia mandi.

Salah Satu Karya Mas Arif Bonsai Serut on The Rock

Kesukaan akan tanaman bonsai sejak tahun 1999. Dulu Mas Arif ikut seorang pebonsai yang bernama Pak Aji, dia sebut begitu. Pak Ajilah yang mengilhami karya-karyanya. Mas Arif ikut pak Aji selama 1 tahun. Dalam ikut (ngenger) itulah Mas Arif mulai belajar tanaman bonsai. Bahkan pekerjaan awal sebagai seorang karyawan di salah satu penjualan pakaian terbesar di Indonesia ditinggalkan demi kesenangan terhadap tanaman bonsai. 

Setelah menempa belajar tanaman bonsai selama satu tahun, maka dia mulai mengembangkan tanaman bonsai di kota Tuban sampai sekarang. Jika berbincang-bincang dengan dia, cukup banyak ilmu yang didapat tentang tanaman bonsai. Dia tidak mau ditampilkan dimana-mana. "Sungkan pak" kata Mas Arif.

Kebun yang harus dirawat Mas Arif

Karya Mas Arif memang agak ektrim. Dia pingin menampilkan tanaman bonsai dengan sebuah kesempurnaan, yang hal ini sulit didapat dan dipenuhi.

Selamat Mas Arif, kami menunggu karya-karyamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat