Minggu, 31 Maret 2013

BONSAI ART ( 3 )

SENI BONSAI

Dibanyak negara, seni bonsai telah mendapat tempat tersendiri yang diakui sebagai salah satu benda seni yang disejajarkan dengan karya-karya seni lainnya. Perkembangan seni bonsai saat ini telah menjalar keseluruh dunia, sama halnya dengan seni-seni lainnya dengan berbagai macam bentuk penampilannya.


Apabila diperhatikan secara seksama, maka akan terlihat adanya perbedaan dari pola pengolahan penataan garis yang mempunyai kekuatan karakter seni tersendiri, walaupun mempunyai dimensi estetika yang sama, yaitu menggambarkan fenomena alam dan menyiratkan budaya lingkungan dari sipembuat yang bersangkutan. Seni bonsai telah menjadi milik dunia, bermula dari timur dan sekarang baratpun mengakuinya, maka terjadilah pembauran estetika timur dengan estetika barat.

Bonsai adalah sebuah karya senia yang dapat diklasifikasikan sebagai seni rupa tiga dimensi, hal ini disebabkan karena konsep dan penampilannya mempunyai banyak kesamaan. Dengan demikian prinsip-prinsip dasar yang dianut oleh seni rupa tiga dimensi dapat pula dikaitkan, disesuaikan dan diterapkan pada konsep dasar seni bonsai. Banyak ahli filsafat berpendapat, bahwa estetika pada dasarnya terbagi menjadi tiga pemahaman yaitu : filosofi, teori dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan seni.

Sumber : Green & Grow Bonsai Training Centre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat