Senin, 10 Maret 2014

PERBEDAAN ANTARA BONSAI, BAKALAN BONSAI, TUNGGUL TANAMAN DAN BONSAI TANAMAN

Secara keseluruhan keempat istilah ini (bonsai, bakalan bonsai, tunggul bonsai dan bonsai tanaman)  mempunyai persamaan mendasar. Persamaan itumenyangkut satu hal, yakni tanaman kerdil. Lebih jelasnya dapat dilihat pada uraian berikut ini :

Bonsai 
Bonsai merupakan tanaman kerdil yang ditanam di dalam pot dan memiliki kreteria keindahan tertentu terutama yang menyangkut gaya, penampilan tanaman yang berkesan tua, serta kreteria lainnya.  Ini sesuai dengan asal katanya, yaitu bon yang berarti pot dan sai yang berarti tanaman. Tanaman yang digunakan biasanya yang berbentuk pohon. Jenis tanaman berbentuk perdu atau semak yang digunakan untuk bonsai biasanya tidak disebut bonsai sejati.

Semua tanaman kerdil baik yang tua maupun yang memiliki kaidah bonsai lainnya, tetapi tidak ditanaman di dalam pot, tidak dapat  disebut bonsai. Begitu pula sebaliknya. Semua tanaman yang ditanam di dalam pot, tetapi tidak kerdil, berkesan tua, ataupun tidak memiliki gaya atau kreteria bonsai tidak dapat disebut bonsai.

Bakalan Bonsai
Bakalan bonsai adalah bonsai yang belum jadi. Ini menyangkut semua tanaman entah itu tunggul dari alam atau hasil perbanyakan (dari biji, stek, cangkok, okulasi atau enten) yang hendak dijadikan bonsai.

Tunggul Tanaman (Dongkelan)
Tunggul tanaman adalah tanaman yang tumbuh di alam lantas digali untuk diambil batang atau akarnya. Biasanya .tunggulk banyak dicari atau diburu dari habitat tanaman tersebut banyak dijual sebagai bakalan bonsai. Ada tunggul yang berukuran kecil dan ada yang berukuran besar. Tunggul yang berukuran kecil banyak dijadikan bakalan bonsai. Tunggul yang besar biasanya dijadikan elemen tanaman. Tunggul untuk elemen tanaman inilah yang mengakibatkan timbulnya istilah bonsai taman. Kadang-kadang bila ukuran tunggul terlalu besar, hanya diambil sebagian batangnya saja.

Bonsai Taman
Bonsai taman adalah tanaman kerdil atau tunggul yang ditanam sebagai elemen atau bagian dari taman, entah itu di pekarangan atau tempat tertentu. Bonsai taman sering disebut juga bonsai instant. Sebenarnya istilah bonsai taman itu keliru. Bila dikembalikan pada asal kata bonsai (bon=pot dan sai=tanaman), maka tak akan ada istilah bonsai taman karena semua bonsai ditanam di dalam pot. Tanaman kecil atau tunggul tanaman yang ditanam di taman jelas kurang tepat disebut bonsai taman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat