Selasa, 19 Juni 2012

SENI BONSAI


Sebagaimana yang kita kenal selama ini, Jepang merupakan bangsa yang kreatif, inovatif dan memiliki tingkat budaya dan seni yang tinggi. Masyarakat Jepang selain terkenal cerdas dalam menciptakan berbagai penemuan teknologi khususnya, juga terkenal mempunyai jiwa seni yang mumpuni. Hebatnya lagi, jiwa seni mereka tak lantas luntur oleh masifnya budaya Barat yang salama ini mengekspansi ke seluruh belahan dunia.

Salah satu hasil karya seni mereka ialah seni bonsai. Seni bonsai Jepang sudah terkenal ke seantero dunia. Anda tahukan apa itu bonsai? Seni bonsai ini merupakan seni miniatur tanaman yang dimasukkan kedalam pot kecil. Seni bonsai ini tidaklah mudah dilakukan karena diperlukan kesarabaran dan penghitungan yang matang. Tantangan yang paling besar dari seni bonsai ini ialah bagaimana caranya supaya tanaman yang dibudidayakan tersebut terlihat indah dan memiliki nilai yang tinggi. Para seniman bonsai di Jepang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan seni bonsai yang lainnya.

Untuk menekuni seni bonsai ini, yang diperlukan oleh para seniman ialah komitmen fisik berkaitan dengan pemeliharaan bonsai secara telaten dan juga emosional. Di masa awalnya, seni bonsai ini cenderung hanya “dimiliki” oleh kalangan bangsawan dan ningrat Negeri Matahari Terbit saja. Namun seiring dengan bergulirnya zaman, tren tersebutpun sudah mulai luntur dan berubah. Bahkan, kini siapapun berhak untuk menikmati atau bahkan menjadi seniman bonsai sendiri. Kisah seni bonsai ini sampai mendunia terjadi tatkala Jepang telah membuka dirinya terhadap dunia luar atau yang dikenal dengan Restorasi Meiji.

Seni bonsai Jepang ini telah menjadi bagian integral dan tak terpisahkan dari kalangan masyarakatnya. Berbagai macam tanaman dan semak banyak digunakan untuk pembudidayaan bonsai ini. Kalangan seniman tersebut mengklaim bahwa tanaman apapun yang bisa ditanam dalam media pot yang kecil bisa dijadikan bonsai. Dan biasanya tanaman yang paling umum digunakan untuk bonsai seperti pohon pinus, maple, cherry, plum, kesemek dan lainnya. Dalam seni bonsai ini hal yang terpenting ialah bentuk dan keindahan tanaman bonsai tersebut karena itulah yang dinikmati oleh para pemiliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat