Jumat, 09 Maret 2012

BONKEIS

John Yoshio Naka

Dia lahir 16 Agustus 1914 di Ft Lupton Colorado – 19 Mei Whittier, California




Pakar Bonsai dari Amerika berdarah Jepang
John Yoshio Naka atau John Naka adalah darah antara Jepang Amerika.  Pada usia 8 kembali ke negara orang tua dimana ia secara insentif mempelajari seni bonsai karena pengaruh dari kakeknya.
Pada tahun 1935, John Naka kembali ke Amerika Serikat di dekat Boulder, Colorado dan pada tahun 1946 tinggal di Los Angeles California. Di Orange County  John Naka bersama dengan empat orang rekannya mendirikan club bonsai California Bonsai Society pada bulan Nopember 1950. John Naka yang mewarnai dan merupakan motor yang penting dalam dunia seni bonsai di Amerika antara tahun 1950 sampai dengan tahun 1960. Dia merupakan kekuatan pendorong dalam penyebaran apresiasi seni bonsai di barat. John Naka mengajarkan ke seluruh dunia dalam konvensi-konvensi di club besar atau kecil tetapi dia tidak mau untuk mengajar di Jepang, karena dia menganggap bonsai di Jepang sangat berkembang dan mengatakan "Mereka ( orang Japang ) ingin saya untuk mengajar dan saya mengatakan kepada mereka seperti saya mengajar di depan Budha”



Dia telah menerbitkan buku teknik bonsai dengan judul  Bonsai Techniques and Bonsai Techniques II”, buku tersebut dihormati sebagai buku pintar barat untuk para seniman bonsai disana. Buku itu telah diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis, Jerman, Italia dan Spanyol pada tahun 1990. John Naka banyak memberi kontribusi terhadap artikel-artikel, kata pengantar dan foto-foto sejumlah beberapa majalah dan buku. Pada tahun 1985 Kaisar Hirohito dari Jepang memberi penghargaan paling bergengsi untuk warga negara non Jepang tentang seni bonsainya, kelas kelima Ordo Matahari Terbit. Tahun 1987 mengarang buku mengarang buku berjudul “Even Monkeys Fall Out of Trees.  Buku ini menceritakan bahwa master bonsaipun dapat melakukan kesalahan.

Beliau pendiri sekaligus sebagai Direktur World Bonsai Friendship Federation (WBFF) atau Perkumpulan Persahabatan Bonsai Dunia dan menjabat pula sebagai Perkumpulan Konstitusi Bonsai Amerika Latin  atau Constitution of the Latin-American Bonsai Federation (LABF). Dia juga menjabat sebagai penasehat kehormatan Yayasan Bonsai Nasional dan bamyak lagi yang disandangnya



FILSAFAT  John Naka dalam membuat bonsai :

Bonsai bukan hanya harus dinikmati hasilnya tetapi lebih condong pada prosesnya yang mendatangkan kenikmatan. Bonsai mencapai kenikmatan jika sudah bisa mengusai tentang botani, kesenian dan kwalitas manusia yang memelihara dibalik bonsai tersebut. Bonsai bukan saja membentuk sebuah pohon tetapi bagaimana menyatukan jiwa pada pohon tersebut. Bagaimana alam yang dihuni berbagai macam makhluk bisa menjadi satu dalam sebuah ekosistem. Karya John Naka terkenal dengan nama Goshin yang berarti pelindung roh. John Naka mengekspresikan jiwa yang ditumpahkan dalam bonsainya, dengan memadukan beberapa tanaman yang mewakili cucu sebanyak sebelas yang mempunyai karakter yang berbeda untuk dijadikan dalam satu wadah bonsai. Pada bulan mei 2005 sudah mempunyai koleksi gambar sebanyak 80 buah mengembangkan sebuah tanaman bonsai yang kemudian diterbitkan oleh Skethbook Yohanes Naka dan diedit oleh Jack Billet dan Cheryl Manning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat