Minggu, 04 Maret 2012

BONKIEPER

Pilih Bonsai Untuk Menyalurkan Kasih Sayang

Bagi pria memiliki merawat sesuatu diluar pekerjaan dan keluarganya adalah hal lumrah, memelihara burung, motor, ikan, bahkan tanaman dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu di kala senggang. Tak terkecuali, dilakukan Ciknan Wong, Branch Manager BRI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang, yang memilih memelihara bonsai untuk mengalihkan penat seusai bekerja.

"Istri pernah protes, pulang kerja yang dilihat dahulu bonsai, diperhatiin apa udah disiram dan dikasih pupuk," cerita Ciknan kala ditemui dikantornya, Jumat (17/2). Hobi merawat bonsai sudah ditekuni pria asal Madura ini mulai 1996, kala itu Ciknan masih berkarier di tempat kerja sebelumnya di CIMB Niaga.



Sebagai tanaman, Bonsai diakui Ciknan mempunyai daya magis penyejuk dan memenangkan. Membuat siapa saja yang memandang dan memperhatikan menjadi tenteram, terlebih jika bentuk bonsai mendekati versi aslinya, terdapat kepuasan sendiri memilikinya.

Diungkapkan Ciknan, dahulu saat awal-awal dirinya mulai menyukai bonsai, dua hingga tiga bonsai dibeli untuk mempercantik halaman rumahnya. Tetapi, seiring hasrat mendapatkan lebih, suami Siti Robina akhirnya mencoba membentuk sendiri tanaman tertentu agar menjadi bonsai.

"Agak mudah dibentuk dan dirawat ya Beringin, kemudian pohon Asam, dan juga Landepan. Kalau sekarang, di rumah yang sedang saya bonsai tiga pohon kurma," ucap Ciknan. Ayah dari Ardi Hiang dan Saza Yunica ini juga tak segan-segan membeli buku dalam memaksimal hasil karyanya, serta bertukar info rekan sesama penghobi bonsai.

Bahkan saat bertugas diluar kota, jika ada pameran Hortikultura atau Agrikultur, Ciknan pasti menyempatkan untuk berkunjung. Diungkapkan pria berkacamata ini saat melihat bonsai-bonsai yang dipamerkan apalagi jika tanamannya cantik-cantik dan proporsional membuat energi hidupnya seperti terisi kembali.

Merawat bonsai, diungkapkan Ciknan termasuk hobi yang hemat atau tidak terlalu menguras kantong. Selain tidak cepat berganti tren seiring berjalannya waktu, biaya pemeliharaan juga terjangkau. Dirinya berujar hanya perlu menyiapkan uang membeli pupuk, selanjutnya cukup memperhatikan lokasi bonsai agar terkena cukup matahari.

Selain itu, diungkapkan pria kelahiran 16 Februari 1962 dalam menumbuhkembangkan bonsai perlu kesabaran. Agar menjadi bonsai seutuhnya paling tidak membutuhkan waktu kurang lebih 10 tahun bahkan bisa puluhan tahun.

Atas hobi bonsainya, pria yang enam tahun lagi akan pensiun ini, bercita-cita bisa membuka galery bonsai serta membentuk komunitas penyuka bonsai kala dirinya tidak disibukkan dari pekerjaan.

Nama: Ciknan Wong
Jabatan: Branch Manager BRI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang
TTL: Madura, 15 Februari 1962
Istri: Siti Robina
Anak:
1. Ardi Hiang
2. Saza Yunica


Editor : muhammadazhim
Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat