Rabu, 15 Februari 2012

DONGKELAN

A R A B I K A

Tumbuhan Arabika atau Acacia nilotica yang mempunyai synonim Acacia arabica auct. Mult non wildenow, Acacia arabica (Lam) Willd termasuk ke dalam famili Leguminosae, sub famili Mimosaeidae. Acacia nilotica berbentuk pohon dengan tinggi mencapai 20 meter dan ranting berwarna gelap, dari lurus berwarna keputih–putihan, tajam panjang di atas 3 cm pada pohon muda dan pohon tua umumnya tidak berduri. Daun bersirip biasanya terdiri dari 3–12 pasang anak daun 10–30 pasang, lincar oblong dan panjang daun ± 0,4 cm, bunga kuning cerah, buah berwarna abu–abu, tebal, lurus atau bengkok ramping, panjang 10–15 cm dengan lekukan di antara biji–bijian, lunak pada waktu masih muda dan menjadi hitam dan keras setelah tua, berakar tunjang dan jalar.


Acacia nilotica mempunyai sifat selalu hijau, kayunya sangat kuat dan keras, melebihi kekerasan kayu jati. Secara umum tanaman ini cocok untuk reklamasi daerah kering dan menambah kesuburan tanah karena memiliki bintil–bintil rhizobium pada perakarannya. Rhizobium tersebut dapat berfungsi sebagai penambat unsur hara nitrogen. Sifat penting lainnya yng dimiliki oleh tumbuhan ini adalah pada bagian gubal, kayu dan polongnya menghasilkan zat tannin yang cukup tinggi antara 12 %-19 %. Zat tannin ini dapat dimanfaatkan dalam farmasi atau industri printing. Namun produksi zat tannin tersebut jika tidak dimanfaatkan secara baik dapat meresap ke dalam tanah dan mengalami proses hidrolisis yang menghasilkan asam gallic dan egallic yang merupakan senyawa allelopati. Dalam bidang pertanian, tanin yang terkandung pada Acacia nilotica dapat dijadikan alternatif untuk membasmi gulma karena mempunyai kemampuan untuk menghambat perkecambahan, menghambat pertumbuhan bakteri pengikat N, dan nitrifikasi serta menghambat pertumbuhan tanaman. Jika tanin ini bisa digunakan maka ini merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan produksi di bidang pertanian.


Acacia nilotica mulai berbunga ± 1 bulan setelah turun hujan pertama, 2 bulan kemudian musim berbuah dan 5 bulan kemudian musim biji, produksi biji rata–rata per pohon adalah 5137 biji. Acacia nilotica merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tahan api, oleh karena itu sering dimanfaatkan/ditanam sebagai sekat bakar. Acacia nilotica dapat tumbuh pada ketinggian di atas 500 meter pada suhu yang ekstrim, ia dapat tumbuh dan bertahan hidup pada daerah yang sangat kering dan daerah yang biasatergenang banjir serta pada berbagai jenis tanah. Manfaat yang diambil dari Acacia nilotica adalah sebagai kayu bakar, pakan ternak, diambil tannin dan getahnya serta untuk peternakan lebah. Getahnya dapat digunakan dalam industri korek api, tinta cat dan konveksi. Kayunya selain sebagai kayu bakar juga baik untuk dibuat arang.

Sumber : http://www.aksisain.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat