Rabu, 01 Mei 2013

PAMERAN BONSAI BALI

Spirit of Gianyar Bonsai 2013 Pamerkan Sekitar 400 Tanaman

Oleh mcgianyar
Selasa, 30 April 2013 | 07:02
+ | Normal | -
Gianyar, InfoPublik - Penghobi tanaman Bonsai menghiasi hijaunya Lapangan Astina Gianyar dengan berbagai tanaman hias yang unik dan menarik, ketika mereka menyelenggarakan pameran bonsai dalam rangka memperingati har jadi Kota Bianyar (HJKG) ke-242..

Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata membuka langsung pameran Bonsai yang dilaksanakan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Gianyar di Lapangan Astina Gianyar, Jumat (26/4).

Bupati Agung Bharata mengapresiasi pelaksanaan pameran yang memiliki ciri khas tersendiri. Ratusan bonsai atau tanaman mini yang dipamerkan tidak ada yang sama persis atau identik walaupun dari tanaman yang sama. Jika ditekuni, bonsai merupakan hobi yang memiliki nilai ekonomis.

Selain itu, juga menghiasi rumah dengan bonsai juga baik untuk kesehatan karena menghasilkan oksigen (02) yang diperlukan manusia serta baik dalam mengurangi dampak pemanasan global.
Ketua Panitia Pameran Bonsai Gianyar I Wayan Arthana mengatakan pameran bonsai sudah dilaksanakan 5 kali berturut-turut setiap tahun, dan selalu terkait dengan pelaksanaan HJKG.

Sebanyak 4 kali pameran diadakan di Lapangan Astina Gianyar, kecuali pada tahun 2009 dilaksanakan di Lapangan Alun-alun Ubud. Pameran yang ke-5 di HJKG ke-242 bertema Spirit of Gianyar Bonsai 2013 dengan memamerkan kurang lebih 400 tanaman bonsai.

Bonsai yang dipamerkan saat ini merupakan Kontes dan Pameran Tingkat Nasional Utama. Nantinya bagi para pemenang disediakan hadiah berupa Piagam dan Tropi sesuai dengan katagori yang ada. Ada 40 piala dan piagam yang diisediakan dan dibagi ke masing-masing kategori.
10 Piagam dan Piala disediakan pemenang kontes masing-masing kategori. Pameran dan kontes memiliki 4 kategori, yaitu 1. Kategori Prospek, Kategori Regional, 3. Kategori Madya, dan 4. Kategori Utama.

Pameran diawali dengan Kontes Penilaian Tingkat Nasional yang sudah dimulai sejak Rabu, (24/4) sampai Kamis, (25/4) kemarin dan pameran berakhir Selasa, (30/4).
Penilaian Bonsai dan kontes tersebut memiliki arti kesadaran jiwa penghobi bonsai Gianyar diharapkan lebih menunjukkan jati diri yang memiliki semangat menuju Gianyar Bagus. Pameran bonsai didominasi tanaman Sentigi yang banyak digemari masyarakat Gianyar.

Turut hadir dalam pameran sesepuh bonsai Bali Ketut Winten asal Karangasem, dan perintis bonsai Gianyar I Pande Ketut Sudarja, I Made Kedal Subrata, dan I Made Musna. (mc gianyar/toeb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat