Sabtu, 25 Mei 2013

PENGHOBI BONSAI TUBAN ( 1 )




WARSIS


Siapa yang tidak kenal dia. Sosok sederhana. Apa adanya. Hobi bonsai merupakan kegemaran dan merupakan salah satu bisnis dia. Ketelitian dan ketelatenan dalam mengolah tanaman kerdil ini membuat prestasi yang bagus. 

Tanaman Bonsai Serut Super Besar Koleksi Warsis
Dia adalah Warsis. Pria dengan penampilan yang apa adanya ini agak malu jika mau diwawancarai tentang bonsai. Setiap ngobrol sama dia, tidak sungkan-sungkan dia akan mengeluarkan ilmu yang dipunyai tanpa ada yang disembunyikan. Dia akan bercerita selama pengalaman yang dialami. Sebagai guru bonsai yang tidak pernah mau dibayar.

Tanaman Bonsai Milik Orang lain yang dirawat
Disamping bonsai dia juga bisnis dibidang pot. Banyak pot yang telah dijual dan hampir semua pot dia dipakai oleh para penghobi bonsai di kota Toak ini. Bahan cukup kuat dan bagus. Dia bisa menerima pesanan yang sesuai dengan selera pembeli atau penggemar bonsai. Hasil cukup halus. Kwalitas sudah tidak bisa diragukan. Pernah suatu saat pot itu jatuh sekitar satu meter. Betul-betul tidak pecah. Sungguh luar biasa. Para penghobi bonsai dari Tuban tentu akan kenal dengan dia. Kesederhanaan dialah sehingga banyak temen-temen yang datang ke rumahnya.


Warsis sedang merawat bonsai

Sekarang rumah di Desa Bejagung Kecamatan Semanding Tuban. Jika mau kerumah bisa menuju perempatan kapur (dulu ada pabrik kapur didekat perempatan itu). Menuju ke arah selatan sekitar 1,7 Km. Dengan ditandai bengkel mobil mas Pri masuk belok ke kiri masuk kedalam gang. Mobil bisa masuk. Disitu bisa tanya rumah Pak Warsis. Gampang aja.

Bengkel Pot yang berada dibelakang rumah

Rumah sederhana. Dihalaman rumah penuh dengan tanaman bonsai. Ada punya sendiri dan ada para penghobi bonsai yang dititipan untuk dirawat atau disekolahkan kata banyak orang.


Koleksi Warsis Tanaman Bonsai Serut on the rock
Koleksi bonsai terbanyak adalah tanaman serut. Terutama serut diatas batu. "Dulu mudah mencari serut diatas batu, sekarang susah, sudah banyak gunung yang sudah diambil" kata Pak Warsis. Tapi banyak lagi yang lain. Ada tanaman Loa, Santigi, Kawista dan banyak lagi yang lainnya.

Produksi Pot yang setengah jadi

Dia menekuni tanaman bonsai sudah sekitar 20 tahun. Sejak dia belum nikah dulu, padahal anak dia yang pertama sudah lulus SMA. Dari bisnis bonsai dan pot bonsai ini bisa membiayai hidupnya selama ini.

Sebelum menekuni bonsai, dia bisnis tanaman hias. Suka tanaman memang sejak dahulu atau masih muda. Ini yang mendorong dia untuk melestarikan tanaman bonsai dan membuat pot sekalian.

Produksi Pot
Itulah sosok pebonsai Tuban yang penuh dengan kesederhanaan. Jika diskusi monggo datang ke rumahnya.






Semoga tanaman bonsai tetap selalu dikenang dalam hati. Salam Bonsai.


2 komentar:

  1. Mantaf Ulasannya … semoga semakin sukses …
    Ganti hawa panas dan lembab rumah Anda dengan ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, http://djonlineshopping.blogspot.com/

    BalasHapus

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat