Minggu, 06 Oktober 2013

BONSAI DAN PENJING MENURUT ROBERT STEVEN

Beberapa orang mengatakan bahwa bonsai saya tercemar penjing , dan bahwa penjing saya tidak otentik . Sebelum lebih lanjut , saya ingin menjelaskan perbedaan antara penjing dan bonsai .

Apakah penjing sama seperti bonsai ? Apakah ada perbedaan dalam konsep dan filosofi ?

Jawabannya adalah : Ya - dan Tidak!

Hal ini tergantung pada konteks yang kita bicarakan . Hal ini telah lama menjadi isu kontroversial karena ada beberapa artikel yang ditulis tentang penjing oleh sumber yang kompeten dari Cina . Kebingungan mengenai hal ini dapat dilihat dalam buku-buku , artikel , dan dalam diskusi thread forum online . Dalam kasus ini dua seni dianggap sama - hanya masalah terjemahan - tetapi pada waktu lain mereka disebut sebagai dua bentuk seni yang berbeda . Jadi apa adalah kebenaran ?

Mari kita mulai dari pemahaman dasar dari kata-kata , " bonsai , " ( Jepang) dan " penjing " ( Mandarin ) . Pen = pot , jing = view atau landscape . penjing berarti " lanskap dalam pot " . Bonsai di Jepang berarti " ditanam dalam pot , " yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Cina adalah penjai atau penzai . Ini berarti " tanaman dalam pot . " Setiap tanaman yang ada di pot disebut penjai . Jadi penjing tidak memiliki arti yang sama seperti bonsai , seperti yang kita mengerti hari ini. Apa yang kita sebut bonsai , dalam bahasa Mandarin disebut shujuang penjing . Dalam artikel dan diskusi, shujuang kata biasanya dibiarkan pergi, meninggalkan hanya penjing kata. Jadi , dalam konteks yang sangat umum, bonsai adalah sama dengan penjing karena kita semua tahu apa yang sedang kita bicarakan - dengan menghilangkan shujuang kata. Namun dalam konteks tertentu , penjing berbeda dari bonsai .

Penjing memiliki konteks yang lebih luas dalam bentuk seni dengan nuansa sendiri yang spesifik . Shujuang penjing ( bonsai ) adalah salah satu gaya dalam seni penjing yang lebih luas . Ada Shanshui penjing (rock penjing ) , bigua penjing ( dinding- menggantung penjing ) , shuihan penjing ( air dan penjing tanah ) , Shushe penjing ( pohon dan batu penjing ) - dll - Filosofi dasar penjing adalah " Yuan yu je zan , Gao yu je zan , " yang berarti " Terinspirasi oleh alam , mengagumi lebih unggul dengan alam . "

Dengan penjing kita mencoba dan menciptakan keindahan alam tanpa menghilangkan ketidaksempurnaan alam . Ada banyak kebebasan kreatif dan alami dalam bagaimana artis dapat melakukan hal ini dengan penjing . Jiwa penjing terungkap lebih banyak di seluruh presentasi , pesan tematik , simbolisme dan puisi . Presentasi alami , tanpa terlalu banyak estetika tergantung pada detail anatomi pohon . Penjing terlibat lebih dengan ekspresi subyektif, dengan referensi emosional yang sangat kuat individu. Kesempurnaan anatomi bukan persyaratan utama dalam penjing karena alam tidak sempurna . Keterampilan rekayasa teknik penting untuk bonsai tidak begitu penting dalam penjing . Sebaliknya , penerapan keterampilan harus relevan dengan pohon hanya agar berhasil menyampaikan pesan tematik untuk pemirsa . Inti dari seluruh kepala sekolah dalam Penjing adalah " Hua jong Anda se, se jong Anda yu , Jin jong Anda dong , dong jong Anda diao , " yang berarti " Di dalam gambar , ada puisi , dalam puisi , ada makna , dalam keheningan , ada gerakan , dalam gerakan , ada ritme . " aspek tujuan penjing adalah mengikuti fenomena ketidaksempurnaan alam. Aspek subjektif didasarkan pada keseimbangan penyajian saat ditangkap dari alam dengan pesan implisit tema . Dalam penyajian pesan , nuansa dan simbolisme harus digunakan untuk aksen keseluruhan presentasi . Fakta ini mengharuskan imajinatif interpretasi oleh artis dan penampil .

Apa yang saya lakukan dengan pekerjaan saya sendiri adalah untuk menggabungkan aspek obyektif dari bonsai dengan aspek subjektif dari penjing , keindahan penyempurnaan struktural bonsai dengan inner beauty dari presentasi simbolis penjing , semua untuk meminjamkan nuansa unik untuk terjadi. Menurut pendapat saya , istilah "asli " ​​tidak memiliki relevansi dengan seni. Seorang seniman harus mampu membuat pernyataan sendiri karakter dan identitas. Saya tidak mencoba untuk menciptakan gaya saya sendiri , melainkan berusaha untuk menemukan , kemungkinan baru yang inovatif berbasis pada aplikasi saya sendiri konsep estetika . Tidak ada yang mutlak dalam seni dan keindahan . Untuk apresiasi kreasi seni terjadi harus ada interaksi emosional antara obyek seni dan penampil. Hal ini memerlukan komunikasi antara obyek seni dan penampil.

Jika ada rasa China yang kuat dalam pekerjaan saya itu hanyalah sebuah refleksi dari selera pribadi saya dan minat dalam filsafat Oriental , seperti kaligrafi Cina puitis atau puisi Tang sentimental dan melankolis .
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya , seni adalah sesuatu yang hidup yang terus menerus berinteraksi dengan kehidupan melalui orang-orang yang melihatnya . Media bonsai juga merupakan subjek hidup yang berubah sesuai dengan aturan-aturan alam dan hortikultura . Jadi aturan seni bonsai didasarkan baik pada aturan fenomena alam dan keinginan konvensi individu dan sosial . Definisi saya tentang keindahan mungkin tidak sama dengan definisi orang lain keindahan . Interpretasi dan persepsi kecantikan yang sangat individualistik . Hal ini tergantung pada pemirsa latar belakang , pengetahuan , budaya , nilai-nilai sosial setempat , pengalaman , bahkan kondisi saat emosi pemirsa .

Pekerjaan saya adalah refleksi dari perasaan pribadi saya dan sikap . Dalam membuat bonsai , saya tidak terlalu peduli dengan tujuan akhir , melainkan dengan proses yang menyenangkan. Saya menikmati proses lambat mengungkapkan karakter dan identitas pohon - sebuah proses yang membawa kehidupan saya ke paralel dengan perjalanan hidup pohon . Ini semacam usaha lebih merupakan proses meditasi aktif dan budidaya hubungan soulful dengan media artistik , bukan hanya eksplorasi dangkal medium . Komunikasi antara media saya dan saya mungkin tidak berlangsung dengan komunikasi verbal , tetapi ada gema pemahaman , tetap.


Sumber : The Bonsai Blog of Robert Steven

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat