Kamis, 03 Oktober 2013

KESEDERHANAAN BONSAI

HASIL OBROLAN DI SORE HARI

Ketika diskusi tentang bonsai di rumah Mas Warsis, ada dua tokoh bonsai Tuban, Mas Warsis dan Pak Supari. Inilah pendapat mereka :

Pak Supari 
Bonsai bisa digunakan sebagai filsafat hidup mulai dari akar samapai daun dan buah. Kita kadang malu terhadap tanaman bonsai, karena bonsai bisa dijadikan contoh sebuah kesederhanaan. Kalau kita punya tampilan seperti bonsai maka tampil seperti apa adanya. Kadang-kadang kita punya niat yang tidak sesuai dengan hati nurani maka kita harus cepet-cepet dipotong seperti memotong cabang tanaman bonsai yang tumbuh tidak sesuai kehendak kita.

Mas Warsis
Bonsai biarlah tumbuh apa adanya. Ikuti saja alurnya dan kita gerakkan sedikit saja. Karena jika bonsai kita paksakan akan kurang baik hasilnya. Seperti orang yang punya hidung mancung kedalam maka kita tidak perlu risau terhadap hidung tersebut. Manfaatkan hidung yang ada sesuai kodratnya, tidak usah dirubah, sehingga akan muncul sebuah keharmonisan tatanan yang ada. 

Karena waktu sudah sore dan mendekati sholat maghrib maka kami bertiga berpisah. Semoga obrolan ini bisa memberikan sedikit ilmu para penggemar bonsai di Indonesia dan manca negara.


by : Bonkei Siwalan Club

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat