Jumat, 13 September 2013

BONSAI ART SERI 14










I L M U
  
Seni merupakan ekpresi perasaan dan pikiran yang berwujud dan terindah. Kualitas perasaan yang diekpresikan dalam karya seni bukan lagi perasaan individual, melainkan perasaan yang universal. Perasaan yang dapat dihayati oleh orang lain yang lahir dari kreatifitas individu si seniman, pada suatu kondisi, suatu sikap atau keadaan mental yang sangat khusus sifatnya dan hampir tidak mungkin dirumuskan. Kreatifitas adalah kegiatan mental yang sangat individu dan merupakan manifestasi kebebasan manusia sebagai individu.

Manuasi kreatif adalah manusia yang menghayati dan menjalankan kebebasan dirinya secara mutlak dan terarah. Kreatifitas bertolak dari yang sudah ada, yaitu dari kebudayaan dan tradisi dimana dia dilahirkan dan hidup kreatif bersifat dinamis, terbuka, bebas, tidak biasa dan penuh resiko.

Manusia kreatif adalah manusia yang memiliki gambaran suatu sikap baru, pandangan baru, sesuatu yang bersifatnya essensial. Kreatifitas adalah menemukan sesuatu yang baru atau hubungan-hubungan baru dari sesuatu yang telah ada. Manusia menciptakan sesuatu yang telah ada sebelumnya.

Penciptaan karya seni bertolak dari sesuatu yang telah tersedia dalam masyarakat. Manusia yang kreatif adalah manusia yang peka dan tanggap terhadap lingkungan hidupnya,  baik tradisi budaya maupun kenyataan fakta lingkungannya, berpandangan hidup secara mendalam dapat menuntun pada kelahiran kreatifitas dalam estetika. 

Kualitas suatu obyek adalah sifat-sifat yang dilihat pada obyek tersebut. Seni yang baik mempunyai kualitas obyektif seni yang diwujudkan dalam kualitas medium secara tepat berdasarkan selera. Seni tanpa kualitas hanya akan menjadi sekedar gambaran informasi saja. Kualitas rasa inilah yang harus ada didalam sebuah karya seni.

Karya seni bonsai adalah hasil proses dari paduan antara obyek yang berkaitan dengan medium seni dan subyek atau si-pelaku, yang diproses sedemikian rupa sehingga hasil akhirnya mempunyai nilai keindahan dan daya pesona yang bermuatan kesan dan pesan dengan karakter tersendiri.



By : Green & Grow Bonsai Training Centre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat