Kamis, 05 September 2013

PELAKU PENGGEMAR BONSAI

PELAKU-PELAKU DUNIA BONSAI



Ketika terjun ke dunia bonsai, orang sebagai penggemar bonsai seperti seorang pelukis, membuat lukisan kemudian dijual kepada para kolektor. Ternyata dunia bonsai beda. Banyak pelaku bonsai yang berperan. Hal ini mencoba untuk membedakan pelaku-pelaku yang ada. Sehingga kita harus mengetahui seni bonsai secara keseluruhan. Pelaku bonsai mengalir begitu saja. Ada beberapa pelaku dunia seni bonsai yaitu :

1. Pedagang Bonsai atau Penggali Bonsai 
Pelaku ini biasanya mencari bahan bonsai baik secara membeli atau mencari di alam bahkan ada yang membudidayakan tanaman bonsai. Hasil budidaya akan lebih sempurna karena harus di kontrol untuk didekatkan dengan kreteria tanaman yang akan dibuat bonsai. Jika mencari di alam atau cangkok bisa juga dan mempunyai keunggulan kecepatan untuk mendapatkan sebuah seni bonsai. Pelaku ini biasanya lebih banyak mencari dari alam dan para pelaku ini biasa juga mencari dari perdagangan dari perputaran tanaman bonsai itu sendiri.

2. Kolektor Bonsai atau Penikmat Bonsai
Pelaku ini biasa membeli bonsai jadi dan berambisi untuk menang dalam sebuah pameran untuk mendapat bendera, kadang merasa bonsainya yang paling bagus. Pelaku ini juga bisa membeli bahan atau bonsai setengah jadi, tapi masih meminta para perawat bonsai untuk membenahi atau membentuk tanaman bonsai itu sendiri. Sedikit sekali idenya muncul, yang jelas jika melihat bonsai bagus maka berusaha untuk memiliki, bahkan bonsainya bisa ratusan tanaman. Biasanya pasrah saja kepada perawat bonsai, celakanya jika ditinggal sang perawat akan kebingunan sekali. Lama-kelamaan bisa beralih kepada hobi lainnya.

3. Perawat Bonsai atau Trainer
Pelaku ini biasa mondar-mandir ke beberapa kolektor dan bahkan para pedagang bonsai untuk membenahi atau membentuk tanaman bonsai yang ada. Perawat inilah yang biasanya mempunyai jiwa seni bonsai. Jiwanya bisa diexpresi dengan tanaman bonsai yang dihadapinya. Pelaku ini sangat dibutuhkan oleh semua komponen pelaku penggemar bonsai. Apabila mempunyai ilmu botanik maka akan memperkaya kreatifitas dan tidak kalah penting taripnya cukup bagus dan sangat dibutuhkan sekali di dunia seni bonsai.

4. Penggembira Bonsai
Ini yang mempunyai motivasi memajukan seni tanaman bonsai dan melanglangbuana untuk mempromosikan seni bonsai, meskipun kadang kurang banyak tahu tentang tanaman bonsai. Celakanya bisa mengatur pergerakan dan perkembangan seni bonsai itu sendiri, jika para pelaku tidak bisa bersikap dewasa. Pelaku ini juga bisa mewarnai jika sebuah bonsai akan dijual. Tidak kalah penting biasanya juga pandai berorganisasi. Pelaku ini bisa masuk ke beberapa sektor. 

5. Seniman Bonsai
Pelaku ini sudah pada takaran lain. Tidak hanya tahu sebuah hasil karya yang ada, tapi lebih nikmat mengikuti perkembangan tanaman bonsai itu sendiri. Pelaku ini akan bangga jika bisa mengexpresikan jiwa dan menyatukan diri dengan tanaman bonsai, kadang-kadang dianggap gila karena suatu saat bisa berbicara dengan tanaman bonsai yang ada. Pelaku ini akan mempertahankan bonsainya dan senang jika sebuah proses perkembangan tanaman bonsai dilalui. Pelaku ini bisa merawat dan membentuk tanaman bonsai dan ada sedikit sekali campur tangan orang lain. Hanya suporting saja yang membantunya. Semua akan dikerjakan sendiri saja dan merasa puas jika bisa menyempurnakan tanaman sesuai dengan mimpi-mimpinya.

Demikian menurut penulis beberapa pelaku didunia perbonsaian. Semoga bermanfaat. Dan tidak kalah penting kita di bagian mana ?


By : Bonkei Siwalan Club



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat