Jumat, 20 September 2013

PAMERAN BONSAI DI MADIUN 2013


Sebanyak 170 tanaman bonsai dari berbagai jenis tanaman mulai dari beringin hingga tanaman serut dipamerkan di halaman komplek gedung Pemkab Madiun di alun-alun Utara Madiun, Sabtu (24/8/2013), pameran ini diadakan dalam rangka ulang tahun Kabupaten Madiun yang ke 465.
Ratusan tanaman bonsai yang berusia belasan hingga puluhan tahun itu, dibandrol dengan harga yang tak tanggung-tanggung. Yakni untuk sebuah bonsari dihargai termurah Rp 5 juta dan yang termahal mencapai Rp 350 juta per pohon.
Sedangkan bonsai-bonsai itu, merupakan koleksi milik para kolektor bonsari asal Kabupaten dan Kota Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Nganjuk serta Yogyakarta, Jawa Tengah Dari ratusan bonsai itu, yang termahal merupakan bonsai milik kolektor asal Yogyakarta dan Ponorogo. Pasalnya, dari ratusan bonsai itu sekitar 44 pohon merupakan miliki kolektor asal Ponorogo disusul Madiun dan Yogyakarta.
Penasehat Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Madiun, Muhammad Amin yang juga sekaligus sebagai panitia pameran bonsai ini mengatakan jika selama pameran bonsai sejak tanggal 20 sampai 25 Agustus 2013 ini baru ada satu tanaman bonsai yang ditawar penggemarnya. Namun hingga kini belum ada kesepakatan mengenai harga antara kolektor bonsai dan calon pembelinya itu.
"Biasanya pembelian akan mencapai kata sepakat di akhir masa pameran besok sore," terangnya kepada Surya (Tribunnews.com, Network), Sabtu (24/8/2013). Selain itu, Amin mengungkapkan para kolektor bonsai yang tergabung dalam PPBI cabang Madiun baru melaksanakan pameran bonsai sebanyak 2 kali sejak berdiri Tahun 2009 lalu.
Yakni pertama kali di gedung Bakorwil Madiun Tahun 2010 dan di halaman Pemkab Madiun Tahun 2013 ini bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Madiun ke 445.
"Tetapi kami sudah sering mengikuti acara pameran bonsai di Yogyakarta, Ponorogo dan sejumlah kota besar lainnya. Makanya, saat kami mengundang kolektor Yogyakarta mereka mau datang dan memamerkan tanaman di Madiun ini," ungkapnya.
Sementara, selama ini daftar kunjung dalam pameran bonsai itu, kata Amin jumlah pengunjungnya sudah mencapai ratusan orang dalam sehari.
Selain sebagai sosialisasi juga untuk bahan pembelajaran karena pengunjung sebagian dari kalangan pelajar.
Padahal, dalam pameran itu juga dipamerkan bonsai juara kontes tingkat nasional milik penggemar asal Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo dalam pameran tingkat nasional yang dilaksanakan di alun-alun Ponorogo 3 bulan lalu.
"Makanya harganya ada yang murah Rp 5 juta sampai Rp 350 juta yakni milik para kontestan dan penggemar yang sudah menjadi juara nasional itu," paparnya.
Sedangkan ukuran berbagai jenis bonsai itu mulai dari yang terkecil yakni berukuran 17 sentimeter hingga 120 sentimeter juga dipajang di stand pameran bonsai itu. dengan usai tanaman mulai belasan hingga puluhan tahun.




By : TRIBUNNEWS.COM,MADIUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat