Sabtu, 15 Februari 2014

SARASEHAN GEBYAR BONSAI TUBAN BUMI WALI 2014


Sarasehan yang diadadakan di GOR Anoraga Pujasera Tuban pada acara Gebyar Bonsai Tuban Bumi Wali ada dua catatan yang menarik, yang pertama adalah di sarasehan ada beberapa wanita yang mengikuti acara tersebut dan pertanyaan tentang bonsai diatas batu.


Pada pagi yang habis kena debu, ada beberapa wanita memasuki arena pameran bonsai di Tuban. Dilihat dari kondisi tubuh, mereka setingkat anak Sekolah Menengah Atas atau masih kuliah. Ini yang menarik bahwa di Tuban ada mulai ada bibit penerus perbonsaian adalah seorang wanita. Mereka mengikuti dengan baik. Karena dalam sarasehan merupakan ilmu yang sangat detail, bagi pemula akan sulit mengerti hal tersebut. Tapi hal ini bagus, ada sarasehan diikuti oleh wanita. 


Pak Budi dari Bojonegoro menanyakan tentang hasil penjurian dalam acara Pameran Bonsai yaitu bonsai panorama atau yang ada batunya kok banyak yang dapat bendera padahal komposisi dan detail masih kurang. Bapak Rudy menjawab secara garis besar penilaian tertumpu pada kematangan bonsai itu sendiri, jika bonsai yang ditampilkan sudah matang dan punya karakter maka bisa dikatakan bagus.
Meskipun jawaban itu kurang memuaskan maka pertanyaan bagi kita, perlu dipikirkan dengan adanya bonsai panorama seperti itu.


Selamat para wanita dan Pak Budi Bojonegoro serta Pak Rudy Jakarta





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat