Jumat, 15 November 2013

BUAT APA MENJADI PENGGEMAR BONSAI



Kadang saya berpikir bahwa bonsai apakah perlu dinilai seperti di pameran yang  ada. Penilaian yang di pameran mesti banyak mengandung kontroversial, bagi pemilik bonsai yang kurang puas terhadap penilaian tersebut. Bahkan penilaian tersebut sudah menjalankan kreteria yang sudah ditetapkan. Apakah kita ini ego sehingga bonsai kita harus menang dalam penilaian jika diikutkan dalam sebuah pameran. Akhirnya orang yang selalu kalah akan jarang ikut dalam even pameran, padahal dia biasanya mempunyai bonsai yang banyak atau kata lain kolektor besar.

Bagi yang kalah dalam penilaian biasanya menyalahkan juri, yang ginilah, yang gitulah. Juri dianggap kurang menjiwai. Juri kurang tahu masalah botanik dan sebagainya. Memang saya amati belum ada juri yang mempunyai karya besar. Karena bonsai itu mahkluk hidup maka akan berubah sesuai kondisi yang ada. Juripun sulit untuk berkarya jika dia tidak punya kocak atau duit yang banyak. Sekali tidak ada duit maka mengalirlah karyanya dimiliki orang lain dan karya tersebut pasti akan mengalami perubahan.  Tapi keyakinan juri akan ilmu bonsai masih baguslah.

Terus bagaimana kita bersikap  ?

Sebetulnya kembali pada pola pikiran kita masing-masing. Ada bonsai sebagai ajang bisnis maka ya jualan terus sampai mendapatkan laba. Ada yang berpikir kolektor yang harus menang maka ikut pertandingan terus sampai mendapatkan kemenangan. Dan lain sebagainya , masih banyak pikiran kita.

Pendapat saya :
Bonsai harus dinikmati dengan keseharian. Kita lihat. Kita ajak bicara seperti orang gila,  bahkan. Nikmati tanaman tersebut. Hiasi rumah dan yang berdekatan dengan kita sebuah pohon bonsai. Kagumi setiap hari, mulai dari akar sampai dengan daun. Pelihara dia dengan baik. Kontrol juga dia. Hal inilah yang akan membuat tanaman hidup dengan sesenang hati kita. Coba pejam mata dan buka. Amati lekukannya. Hidup terasa damai. Pada intinya bonsai yang bisa membuat kita mengambil sebuah makna kehidupan di dunia ini. Pikiran tenang dan kesabaran serta kesyukuran kepada Tuhan. Jika kita masih bertengkar antar temen dan selalu bersikap menyalahkan orang lain dan tidak mau menerima pendapat orang lain maka kita belum sebagai penggemar bonsai.

Monggo jika ada pendapat yang lain.


Selamat Menikmati Tanaman Bonsai

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat