Rabu, 20 November 2013

BONSAI INDONESIA AKAN LEBIH MAJU

Catatan Seorang Penggemar Bonsai

Seandainya para senior senior bonsai di tanah air ini ikut menggali potensi species tanaman yang tumbuh endemik didaerahnya masing masing. 
Kita coba hitung hitungan kasar, barangkali ada lebih kurang sekitar 500 orang senior bonsai yang menyebar di seluruh pelosok nusantara ini, 
Masing masing mereka menangani 3 spesies baru yang berbeda. Berarti total species baru di eksplorasi potensinya menjadi bahan bonsai adalah sekitar 1500 species. 
Umpama, kita ambil angka minimal 10 % dianggap layak dan menarik untuk dijadikan bonsai, maka diperkirakan lebih kurang 2 tahun kedepan akan bertambah daftar species bonsai Indonesia sekitar 150 spesies baru lagi. Wow menakjubkan..... 
Tentunya spesies ini tidak berhabitat dan endemik pada satu daerah saja. Maka akan terbentuklah persilangan kebutuhan antar daerah dan secara otamatis akan terciptalah peluang bisnis yang akan meningkatkan kesejahteraan insan bonsai serta meningkatnya gairah pembonsaian nasional.
Satu hal lagi dampak positif. Dari karakter dan kekhasan masing masing species akan memperkaya bentuk dan corak serta ragam bonsai Indonesia, tentunya akan menjadi suatu daya tarik tersendiri lagi oleh masyarakat bonsai dunia yang akan menjadikan bonsai Indonesia lebih populer. 
Dalam hal ini pertanyaan saya sederhana. Maukah kita membuka mata untuk mencoba memperhatikan, mempelajari dan mulai menanam serta mencoba menjadikannya bonsai...? 
Sebagai bahan pertimbangan. Kita ambil sebuah contoh kasus : 
Disaat di muka bumi ini belum ada satupun manusia yang membuat bonsai dari jenis pohon anting putri. Tiba tiba muncullah seseserang mencoba mananam pohon anting putri untuk di jadikan bonsai. Dalam kasus ini saya yakin beliau itu bukanlah seseorang yang dibekali skill untuk membuat bonsai yang baik dan tidak lah pernah terlintas dibenaknya bahwa suatu saat nanti anting putri akan menjadi spesies difavoritkan banyak orang. 
Sekarang anda diumpamakan adalah orang tersebut, bedanya anda telah terbekali dengan skill bonsai yang sangat memadai dan hidup dizaman era globalisasi dimana mata masyarakat bonsai dunia mengarah ke Indonesia. bahkan anda hidup dikelilingi oleh pohon pohon yang barangkali melebihi dari daya tarik anting putri itu sendiri....Apakah yang akan anda lakukan...?.......

Trims ... Sakam
Budi febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat