Sabtu, 04 Januari 2014

ARTI BONSAI YANG LAIN


Beberapa waktu yang lalu, saya baca, saya lihat dan saya dengar tentang "Apa itu bonsai ?"

Sebuah ruang tamu dipojok dinding ada tanaman sebuah bonsai. Terasa indah sekali. Hadir hanya sendiri dan ditemani meja. Dinding yang bagus. Serta dekorasi yang lain ikut menunjang. Wrana dinding juga membantu keindangan tanaman itu. Ada sorot lampu yang menyertai. Terasa indah, Setiap tamu datang dan berkomentar, "Apa tanaman itu hidup ? ..... Indah sekali". Setiap tamu heran dan bagaimana tanaman hidup diiringi dengan hiasan yang tampil di sudut ruang tamu rumah.

Lain waktu beberapa tamu ingin memetik sebuah Jambu di halaman yang disitu penuh dengan tanaman bonsai, dia komentar "Bonsainya banyak ya ?" Mereka tidak pernah menikmati keindahan tanaman itu, padahal salah satu yang ada di depan mereka adalah tanaman bonsai yang dipasang disudut ruang tamu di rumah.

Mulai merasakan,  apakah bonsai itu. Bonsai itu adalah :
1. Tampil di dalam rumah
2. Tidak tampil sendiri
3. Bentuk tidak besar dan kecil, dipandang sekitar 1 meter sampai dengan 5 meter masih kelihatan
    bentuk tanaman.
4. Bisa diangkat untuk satu orang, karena sifatnya yang sering dikeluarkan untuk menerima sinar
    matahari

Keindahan bonsai tidak harus besar dan sesuai kreteria diatas. Jika tidak itu,  maka masih diragukan sebuah seni bonsai. Seni harus bisa dinikmati bukan hanya para seniman itu sendiri tapi harus bisa dinikmati setiap orang.

Bagaimana tampilan itu bisa bagus dan bisa menghibur para penglihat, coba kita mulai berpikir tentang keindangan itu sendiri. Bonsai harus masuk rumah yang bisa dinikmati oleh para tamu-tamu kita, biar suasana rumah kita menjadi pendukung akan kenyamanan sang tamu. Mulyakan tamumu dengan salah satu tanaman bonsai.

Monggo jika ada yang beda pendapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat