Kamis, 09 Januari 2014

SERUT (STREBLUS ASPER)


Pada jejaring sosial tanaman serut sudah tidak hanya merambah tanaman hias saja, tapi sudah masuk ke dunia tanaman bonsai. Banyak penawaran yang sekarang sudah menampilkan serut atau istilah latinnya streblus asper. Yang katanya konon tanaman ini asli Indonesia. Diharapakan pada even-even pameran bonsai bisa unjuk gigi dengan mendapat predikat yang baik. Bahkan Rober Steven, salah satu master bonsai mengemukakan agar tanaman serut bisa menjadi andalan yang ada Indonesia.

Banyak sekali sekarang para pencari bakal bonsai atau dikenal dengan istilah babon mengandalkan tanaman serut. Hutan-hutan untuk dibersihkan dati tanaman itu untuk diganti dengan tanaman kayu Jati. Sehingga para pendongkel sangat senang dan membantu pekerjaan dari perhutani.

Sebenarnya tanaman serut sangat banyak dijumpai di Indonesia. Selain itu perawatanya juga mudah. Keunggulan lain, daun serut bisa tampil sangat kecil, perantingannya mudah serta mempunyai karakter kuat pada garis-garis ranting. Walaupun kata orang, untuk membesarkan cabang agar proporsi dibutuhkan waktu yang lama, namun pada bahan serut medium tidak membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan pengalaman saya. bonsai serut ukuran medium hanya dibutuhkan waktu 3 tahun untuk menjadi bonsai jadi. Perakaran yang bagus memang sulit dijumpai pada tanaman ini. Tapi kita dapat mensiasati perakaran tersebut dengan menambah aksesoris batu atau serut yang benar-benar diatas batu.

Semoga serut bisa berbicara di dunia International dalam pameran bonsai.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat