Kamis, 15 Agustus 2013

PENGGEMAR SETENGAH JADI

Subeggandiyono ( Mas Yono )



Siapa yang tidak kenal dia, khususnya para penggemar bonsai Tuban, dengan tampilan keseharian apa adanya yang cukup sederhana, menimbulkan karakter tersendiri. Dia adalah Subeggandiyono atau dikenal dengan sebutan "Mas Yono". Sosok sederhana ini bertempat tinggal di Bektiharjo Kecamatan Semanding. Desa ini berdekatan dengan pemandian alam Tuban yang bernama "Pemandian Bektiharjo". Pemandian ini cukup terkenal di kota Tuban. Dengan air jernih langsung keluar dari sumber mata air.

Mas Yono bersama Dongkelan Bonsai


Mas Yono cukup dikenal dikalangan temen-temen para penggemar bonsai di Tuban. Setiap ada pameran sekitar Tuban, dia akan mengeluarkan tanaman bonsai. Sehingga nama Mas Yono tidak asing bagi temen-temen penggemar bonsai Tuban. Keramahan dan kepolosan membuat orang yang mengajak ngobrol jadi enak.

Dongkelan disekitar rumah cukup banyak antara lain Serut, Arabica, Loa, Asem Jawa dan lain-lain. Ketika datang Mas Yono masih bercengkerama dengan salah satu penggemar bonsai Tuban. Kayaknya sedang melakukan diskusi tentang tanaman bonsai. 

"Saya ini hanya jualan dongkelan gini aja, hanya bahan setengah jadi bonsai" kata dia dengan cukup lugu. Dia bergelut dibidang perbonsaian mulai tahun 1997 sejak krisis melanda bangsa Indonesia. Sebelumnya bekerja di bengkel, karena bengkel bangkrut maka beralih profesi menjadi pencari dongkelan dan dijual barang setengah jadi bonsai. Dengan dongkelan ini Mas Yono menggantungkan hidupnya. Dia cukup gembira dengan bisnisnya ini. 


Lelaki yang sudah berumur sekitar 50 tahun ini juga mendalami ilmu beladiri Kempo. Mengajar pada sebuah perusahaan raksasa milik pemerintah yang berkedudukan di kota Tuban. Dengan olah raga tersebut dan bonsai setengah jadi, Mas Yono menikmati kehidupan ini. Dia juga ingin memajukan seni tanaman bonsai di Tuban. Jika bonsai di Tuban berkembang dia juga merasakan hasilnya.

Karena waktu sudah siang maka pamit, untuk menunaikan tugas berikutnya. Lain waktu bisa disambung ngobrol-ngobrol tentang perawatan bonsai dengan "Mas Yono".




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat