Sabtu, 31 Agustus 2013

KENIKMATAN PENGGEMAR BONSAI

KONTROL TERHADAP BONSAI


Ketika bonsai mulai pada masa perawatan, biasanya kita memanggil yang nama "Trainer" atau biasanya dikenal dengan nama "Peranting" untuk merawat bonsai yang kita punyai. Kadang-kadang setelah diadakan perantingan atau penggantian bentuk model bonsai bahkan penggantian media, membuat bonsai kita drop atau mati cabang, bahkan bisa mati semua, ...... itu wassalam namanya. 

Untuk para pemula atau yang belum tahu tentang ilmu bonsai, harus tahu sebelum atau sedang mendalami sebuah seni tanaman bonsai, sehingga trainer yang kita panggil sesuai dengan harapan kita. 

Bagaimana cara mendalami sebuah seni tanaman bonsai ? 

Biasanya yang kita lakukan adalah harus mengetahui ilmu tanaman itu sendiri atau hortikultura. Harus tahu juga struktur dan sifat tanaman yang akan kita ambil sebagai tanaman bonsai. Apakah tanaman tersebut membutuhkan air banyak, atau membutuhkan sinar matahari banyak dan bahkan apakah tanaman tersebut membutuhkan pupuk yang banyak atau sedikit. Semua perlu kita ketahui. Karena tanaman bonsai itu sendiri, kita yang tahu persis sebagai pemilik. Jika tidak tahu hanya sekedar penikmat saja, disarankan cukup bermain ke tempat temen yang punya bonsai atau menghadiri pameran bonsai.  

Secara sederhana kita harus bisa mengetahui tentang sifat-sifat tanaman, dan untuk itu maka disarankan mempunyai beberapa saja tanaman bonsai dari jenis yang sama. Agar penguasaan terhadap sifat-sifat tanaman, banyak kita ketahui. Jika menilik dari seorang pakar bonsai di daerah Malang, kita hanya perlu mempunyai kurang lebih 10 tanaman saja, jika dirawat sendiri. Awal inilah yang mungkin kita bisa mengusai sebuah sifat-sifat dan struktur dari sebuah tanaman yang akan menjadi bonsai. Setelah kita kuasai satu tanaman, baru kita bisa melangkah ke tanaman berikutnya.

Temen-temen pentraining tanaman bonsai juga banyak membantu. Tetapi kalau kita sebagai pemilik tanaman bonsai harus tetap kontrol, jangan dilepas begitu saja, karena penguasaan tanaman terletak pada pemilik tanaman itu sendiri. Karena ada sentuhan romantis antara tanaman dan pemilik jika kita sudah menyatukan pikirian kita pada alam tanaman. Dimana tanaman itu membutuhkan sesuatu, kita seakan-akan sudah tahu. Tapi hal ini sulit terjadi jika kita tidak pernah berlatih dan berkumpul keseharian dengan tanaman bonsai kita sendiri atau tanaman yang lain.

Bagi para penggemar bonsai terutama para kolektor bonsai agar selalu melihat dan berusaha menyatu dengan tanaman itu sendiri, ini akan menghasilkan sebuah kenikmatan yang tersendiri. Bonsai yang kita miliki adalah sebuah hiburan yang ada di sekitar kita dan tidak meninggalkan rumah, kecuali hal-hal tertentu. Nikmati seni bonsai dengan kesendirian dan banyak orang. Kita akan menemukan penyatuan jiwa. Monggoooooo kalau ada yang beda pendapat.


by : Bonkei Siwalan Club

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat