Sabtu, 10 Agustus 2013

BONSAI SEBAGAI FILSAFAT HIDUP

BERGURU PADA BONSAI


Tanaman bonsai merupakan tanaman dalam pot yang dikerdilkan dan dirawat sehingga tanaman tersebut tetap besarannya. Tidak kalah penting adalah mengenai keindahan bonsai tersebut. Bonsai biasanya menunjukkan miniatur tanaman yang sesungguhnya. Sehingga tanaman yang sudah tua, besar dan rimbun, bagus dijadikan miniatur pada tanaman bonsai. Bonsai mulai dari akar harus terlihat kokoh dan batang pohon kelihatan besar dan tua serta daun yang rimbun.

Dari cerita sekilas diatas tentang kehidupan tanaman bonsai dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Alam akan bersahabat, bagi mereka yang juga mau bersahabat dengan alam. Kehidupan keseharian manusia juga harus bersahabat dengan lingkungan sekitar, sehingga dapat menikmati lingkungan yang baik seperti menikmati tanaman bonsai yang kita perhatikan. 




Mulai dari akar harus kelihatan dan merata pada setiap sisi batang pohon, akar harus kuat dan kelihatan mencengkeram tanah, hal ini menggambarkan bahwa kehidupan kita pada dasar atau pondasi harus kuat dan mempunyai komitmen yang tinggi serta prinsip yang kuat. Jika dilihat dari pohon harus kelihatan tua dan tak lapuk dimakan musim, hal ini menggambarkan tentang kehidupan kita harus mempunyai ilmu yang baik agar dapat menangani permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan ilmu yang bisa kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari maka kita dengan perasaan ikhlas akan menyelesaikan permsalahan yang ada. Kalau kita lihat dari daunnya, yang sangat rimbun menggambarkan bahwa kita harus menjadikan pelindung bagi rumah tangga kita, yaitu melindungi dari terpaan angin dan sinara matahari.

Itulah sekilas tentang falsafah kehidupan tanaman bonsai yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat