Minggu, 25 Agustus 2013

WISATA KULINER DI GRESIK

DEPOT MUSLIM "CAK SELEM"


Ketika lapar pada siang hari. Mencoba untuk mencari makan. Di depan ada warung bebek yang cukup ramai dikunjungi. Tempatnya di sebelah barat Ramayana Gresik Jalan Gubernur Suryo, sekitar 200 Meter. Mencoba untuk masuk warung itu. Tempat cukup sederhana. Pesan dan langsung dengan cepat makanan sudah tersajikan. Di piring tersaji bebek goreng dengan tulang dan daging sudah dipisahkan. Minum es jeruk, nikmat sekali.

Siapa yang tidak tahu rumah makan tersebut, kalangan orang Gresik sudah tidak asing lagi yaitu "Depot Muslim Cak Selem" yang menyajikan nasi bebek goreng lepas tulang. Rumah makan tersebut milik dari Pak Haji Muslimin yang akrab biasa dipanggil Cak Selem. Sehingga rumah makan tersebut diberi nama sesuai nama panggilan. Pria yang sudah setengah baya tersebut meladeni dengan ramah ketika datang kesana. Ramah sekali. Bercerita tentang kegemarannya yaitu sepeda angin kuno atau sepeda onthel dengan ikut dalam sebuah club sepeda di Gresik yang bernama "Pasegres atau Paguyuban Sepeda Kebo Gresik. Pak Haji Muslim pernah juga menjuarai lomba sepeda onthel dengan berpakaian ala Sunan Giri.


Pak Haji Muslim sedang malayani Pelanggan

Awal usaha Pak Haji Muslim berada di tempat pelelangan ikan dengan membuka warung sangat sederhana dengan berbagai macam menu. Warung tersebut hanya disediakan para pengunjung TPI pada tahun 1986. Kemudian mulai tahun 1990 memfokuskan diri pada masakan bebek goreng, karena para konsumen banyak menyukai makanan tersebut. Tahun 1997 sampai sekarang Rumah Makan pindah lagi ke Jalan Gubernur Surya.

Rumah makan Cak Selem juga pernah diliput oleh beberapa stasiun televisi daerah Jawa Timur atau nasional. Menu yang disajikan hanya bebek. Minuman seperti warung biasanya.

Jika ke Gresik bisa dicoba.

Alamat  : Depot Muslim Cak Selem
               Nasi Bebek Goreng Lepas Tulang
               Jl. Gubernur Suryo 60 Gresik Telp : (031) 3971174



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Jika Anda memberikan saran dan pendapat